MENAMPILKAN IMEJ SUKSES


 

 

          Bila anda berpenampilan layu, tanpa semangat dan penuh renungan kegagalan, orang akan sulit berbisnis dengan anda. Sebaliknya bila anda cerah, gesit penuh semangat dan berseri-seri, anda akan mudah dipercaya orang. Semua akan senang bekerja dengan anda, sehingga mempermudah pencapaian sukses. Terutama dengan wanita, penampilan yang cerah sangat penting. Bagaimana membuat imej sukses ini, Paula Ancona menguraikan dalam bukunya Succes Abilities!

  • Contohlah sikap orang-orang sukses. Berdiri tegak, angkat dagu lurus ke depan. Bila bersalaman yang yakin, bicara jelas, banyak senyum, menggunakan gerakan badan yang lugas. Pandangan santai tetapi penuh enersi. Bila memandang seseorang tajam tapi lembut.
  • Akui kalau anda berbuat salah. Semua orang bisa berbuat salah. Belajarlah dari kesalahan itu. Dan jangan terlalu menyesali kesalahan masa lalu, ini bisa mengurangi kepercayaan diri.
  • Jangan memperlihatkan keputus-asaan dalam bekerja. Berilah kesan bahwa anda tahu pekerjaan itu.
  • Tunjukkan bahwa anda pekerja yang proaktif. Ceritakan pengalaman ketika anda mengerjakan pekerjaan serupa tempo dulu. Tunjukkan bahwa anda bertanggung jawab atas tujuan dan cara kerja anda.
  • Terimalah bila ada keluhan dengan ikhlas. Tetapi tidak bercerita bahwa pekerjaan anda memang banyak salah.
  • Jangan menjual ide murah anda. Misalnya dengan kata-kata : Saya kira ide saya cukup bagus….atau : Mungkin akan sedikit berpengaruh bila…. Kata-kata saya kira, atau mungkin itu menunjukkan kelemahan anda.
  • Bila anda di dalam rapat yang lalu kurang tegas, ulangi lagi lebih jelas. Misalnya : Saya tidak begitu sehat waktu rapat lalu, marilah kita ulangi.
  • Bila minta sesuatu kepada bawahan atau rekan kerja sederajat, yang jelas dan lugas. Hindari kata-kata : Saya tahu anda sibuk, tetapi….. Langsung saja : Tolong saya minta waktu…..
  • Jangan mau dipotong bila anda berbicara. Tunjukkan bahwa anda masih bicara dan lanjutkan.
  • Jangan mau menerima buntut persoalan orang lain. Potong di mana tanggung jawab anda berakhir dan di mana orang lain mulai. Maaf, saya membuat anda marah.
  • Bila waktu terbatas, mintalah seseorang yang menemui anda bicara hanya sekian manit atau sekian jam. Bila lewat waktu ingatkan, jangan berdebat.

 

Tentang fajarjuliansyah, CHt.

mahasiswa bimbingan dan konseling UPI yang punya minat khusus dalam psikoterapi kognitif.
Pos ini dipublikasikan di About Pshycology and Conseling. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s