Pemetaan tipe kepribadiaan usulan Holland, Saking isengnya


Beberapa semester
lalu, saya kebagian presentasiin chapter report teori Holland “theory
and types”
yang ada di buku Crites [1] sama Osipow
[2], emang sih tradisi di kita biasanya gitu, kuliah teh
presentasi makalah, presentasi chapter report, presentasi laporan
hasil praktik, praktik di sekolah (layanan dasar, responsive,
perencanaan individual, bimbingan klasikal, bimbingan kelompok,
konseling, dan sebagainya—hehe ga penting). Oke ga penting, masuk
ke inti tulisan, Teori Holland identik sama teori tipe, Holland
ngebagi tipe kepribadian karir jadi 7, Realistic, Investigative,
Artistic, Social, Investigative, Conventional, saya sih sering
nyingkatnya jadi RIASEC biar gampang diinget, entar saya
tulisin makna-makna dari setiap kepribadian tersebut.

Waktu nyiapin buat
presentasinya, si saya studi banding dan diskusi dulu ke temen
soalnya yang presentasiinnya dua orang, jadi bakalan basi kalo sesuai
banget sama buku atau sama temen saya itu (padahal nyontek-nyontek
sedikit apa yang mau dia presentasiin tapi dalih diskusi kan lebih
keliatan intelek dibanding nyontek, hehehe) dan hasil dari studi
banding tersebut ga membuahkan kesepakatan antara pihak saya dengan
pihak dia untuk membagi-bagi materi, soalnya kata dia semua yang
ditulis crites sangat perlu berkaitan jadi ga mungkin di pisah-pisah
pas ngejelasinnya, yang ada malah saya bingung, alhasil si saya
memutuskan diri untuk cuma ngebahas karakteristik lingkungan, Tipe
Kepribadian dan Prilaku Konseli biar audience ga terlalu bosen
ngedenger dua hal yang sama dalam 2×45 menit.

2 Desember 2008
datang, inilah hari saya presentasi, saya presentasi kedua, setelah
temen saya, jadi kebayanglah suasana jenuhnya bakalan kaya gimana,
untung sebelumnya saya udah nyiapin kemungkinan saya jadi presenter
ke2, jadi saya piker, mending seperti ini Tiga hal yang saya jelasin
tadi, saya petain aja ke dalam matrik 2 lembar terus saya foto kopi
sejumlah audience daripada saya ngejelasin tapi audience yang udah
kaya mayat hidup yang keliatan ga punya semangat untuk ngedengerin
lagi orang sekelas saya yang presentasi.

Kaya gini nih pemetaan teorinya :


PEMETAAN
TEORI HOLLAND

Lingkungan Tipe
Kepribadian
Prilaku
Konseli
REALISTIC
  • Menuntut
    kegunaan fisik

  • aktivitas-aktivitas
    yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur, atau sistematik
    terhadap obyek-obyek, alat-alat, mesin-mesin, dan
    binatang-binatang

  • Tidak
    menyukai aktivitas-aktivitas pemberian bantuan atau pendidikan

  • Preferensi-preferensi
    membawa kepada pengembangan kompetensi-kompetensi dalam bekerja
    dengan benda-benda, binatang
    binatang,
    alat-alat dan perlengkapan teknik,

  • mengabaikan
    kompetensi-kompetensi sosial dan pendidikan.

  • menyenangi
    peralatan dan mesin dalam pekerjaannnya.

  • Individu
    dengan tipe realistis ini akan mengembangkan kompetensinya di
    bidang perpipaan, atap, kelistrikan dan bengkel, bertani, dan
    bidang teknik lainnya.

  • Menganggap
    diri baik dalam kemampuan mekanikal dan atletik dan tidak cakap
    dalam keterampilan-keterampilan sosial hubungan-hubungan insani.

  • Menilai
    tinggi benda-benda nyata, seperti: uang dan kekuasaan. Ciri-ciri
    khususnya adalah praktikalitas, stabilitas, konformitas. Mungkin
    lebih menyukai keterampilan-keterampilan dan okupasiokupasi
    teknik.

  • konseli
    dengan tipe realistis mengharapkan saran spesifik dan nas
    ehat
    untuk memecahkan masalah karir yang bers
    ifat
    praktik.

  • Beberapa
    konseli mungkin resisten dalam mengekspresikan perasaan mereka
    tentang pemilihan karir dan lebih memilih untuk mengalihkan
    pertanyaan dalam masalah memilih karir

  • mereka
    lebih menyenangi diskusi tentang kegiatan tradisional maskulin
    (berburu,
    memancing, dan membetulkan mobil
    )

INVESTIGATIVE
  • Dalam
    beberapa situasi orang dengan tipe ini menggunakan pemikiran
    kompleks dan abstrak untuk memecahkan masalah secara kreatif

  • mensyaratkan
    orang untuk menggunakan kemampuan intelektualnya secara bebas
    untuk memecahkan masalah-masalah.

  • Pekerjaan
    tersebut tidak mensyaratkan atau mengharuskan kemampuan hubungan
    manusia untuk memecahkan masalah, tidak perlu juga menggunakan
    mesin
  • Orang
    dengan tipe investigatif menyukai puzzle dan tantangan-tantangan
    yang mensyaratkan penggunaan kemampuan intelektual

  • Menikmati
    belajar dan merasa lebih percaya diri tentang kemampuannya untuk
    memecahkan masalah matematika ataupun sains

  • Konseli
    dengan tipe investigatif tinggi kepribadiannya menyukai tantangan
    dalam menjawab suatu pertanyaan

  • mereka
    menginginkan memecahkannya sendiri dan melakukan pendekatan
    rasional dibandingkan dengan pandangan emosional.

  • lebih
    baik jika mereka melihat konselor berfungsi sebagai investigator
    bukan sebagai ahli yang memberi tahu apa yang harus mereka
    lakukan.

ARTISTIC
  • Lingkungan
    artistik adalah lingkungan bebas dan terbuka yang mendukung
    kreativitas dan ekspresi personal

  • Beberapa
    setting membolehkan individu untuk berdandan seperti apa yang
    mereka suka

  • Menyukai
    peluang untuk mengekspresikan dirinya sendiri dalam cara yang
    bebas dan tidak tersistematis, membuat musik, seni, atau menulis

  • konseli
    bertipe artistik menjelaskan pentingnya seni, musik, dan menulis
    dalam hidup mereka.

  • Mereka
    mungkin memilih pendekatan konseling yang tidak terstruktur

  • senang
    berdiskusi tentang ekspresi dan mengembangkan produk artistik

  • senang
    untuk mengomentari atau mengkritisi hasil orang lain

  • Mereka
    mungkin menyenangi penggunaan humor atau metode lain dalam
    pengekspresian untuk memperlihatkan mereka memiliki keunikan dan
    tidak sama dengan konseli lain

  • Emosi
    tidak tampak jelas
SOCIAL
  • Lingkungan
    tipe sosial mendukung orang yang fleksibel dan memahami satu sama
    lain,

  • menitik
    beratkan nilai-nilai manusia seperti idealistis

  • Orang
    yang bertipe sosial tertarik pada membantu orang lain seperti
    mengajar, membantu dalam masalah personal dan masalah karir atau
    menyediakan layanan pribadi

  • sosial
    menyenangi memecahkan masalah melalui diskusi dan kerja tim
    dibandingkan melalui pendelegasian

  • Memilih
    untuk membicarakan dan memecahkan kembali masalah-masalah yang
    kompleks yang berkenaan dengan etika atau idealitas

  • mereka
    lebih memilih untuk tidak bekerja dengan mesin
  • mengengekspresikan
    idealismenya dengan cara menolong orang lain yang berkenaan
    dengan keagamaan, politik, atau sosial.

  • Saat
    berbicara dengan konselor mereka mungkin tertarik dalam profesi
    konselor (lingkungan sosial) dan akan mengapresiasi pertolongan
    konselor karena sifat alami mereka membantu

  • Sifat
    sosial ini membuat mereka menjadi kandidat yang baik untuk
    konseling kelompok karir,

ENTERPRISING
  • dimana
    orang mengatur dan membujuk orang lain untuk mencapai tujuan
    organisasi atau personal

  • isu
    financial dan isu ekonomi memiliki peran utama yang sangat
    penting dan resiko mungkin di ambil untuk menerima
    reward

  • Dalam
    beberapa lingkungan orang diharuskan untuk memiliki kepercayaan
    diri sosiabilitas dan asertif

  • Perolehan
    dari kekayaan merupakan hal yang penting untuk orang bertipe
    enterprising.

  • Mereka
    menyukai komunikasi dengan orang lain dan menggunakan kemampuan
    verbal untuk menjual, membujuk atau memimpin

  • Mereka
    diharuskan untuk asertif dan popular untuk mendapatkan posisi
    kepemimpinan

  • Mereka
    menyukai bekerja dengan orang lain, tapi lebih memilih membujuk
    dan mengatur dibanding untuk menolong
  • Orang
    dengan tipe enterprising akan memposisikan dirinya dengan gaya
    tanggung jawab terhadap diri sendiri

  • Seperti
    kegiatan tipe sosial mereka sangat verbal dengan konselor dan
    besedia untuk berbicara tentang keterampilan

  • Berbeda
    dengan tipe sosial, mereka lebih menitik beratkan, meyakinkan dan
    membujukan orang lain dibandingkan menolong orang lain.

KONVENSIONAL
  • Pengorganisasian
    dan perencanaan merupakan gambaran yang terbaik untuk lingkungan
    konvensional

  • Lingkungan
    konvensional kebanyakan merupakan lingkungan perkantoran

  • konvensional
    merupakan orang yang meninggikan uang

  • dapat
    diandalkan dan mampu untuk mengikuti peraturan dan perintah

  • Kekuatan
    mereka terletak pada klarikal dan kemampuan
    numerical
    yang digunakan untuk memecahkan masalah dalam lingkungannya.

  • Hubungan
    mereka dengan orang lain diarahkan untuk menyelesaikan tugas dan
    mendirikan pendekatan organisasi terhadap masalah.
  • Dalam
    situasi konseling orang yang memiliki tipe konvensional
    meposisikan diri secara teratur, terikat dengan orang lain untuk
    diarahkan

  • Mereka
    mungkin memiliki kesulitan untuk memeriksa pekerjaan-pekerjaan
    baru atau jalur karir lain yang sesuai dengan inisitaif mereka

Jadi saya Cuma
ngejelasin inti-inti dari tipe kepribadian RIASEC yang saya udah
sebutin tadi, sekaligus coba ngebahas poin-poin umum dari matrik itu,
ya lumayanlah mengurangi rasa kantuk audience.

Eh
ternyata pemetaan tadi berfungsi lebih dari itu, di mata kuliah yang
beda, tapi masih satu rumpun—karir , dosen saya tercinta
menugaskan saya dan mahasiswa lain untuk praktik di sekolah untuk
mengidentifikasi perencanaan karir, yang salah satu aspek dari
perencanaan karir itu adalah pemahaman kepribadian karir, tapi ada
implikasinya dari tugas itu, kita arus nyusun instrument sederhana
buat nganalisis kepribadian karir siswa, karena say amah orang nya
simple, ya saya pake lagi aja pemetaan itu. Dan saya buat skalanya,
jadi gini nih hasilnya, kalau mau coba juga silahkan, tapi saya ga
tanggung resikonya ya. Hehehehe, soalnya itemnya Cuma sedikit, tapi
konsistensinya reliabilitas sama validitasnya mah keuji da,

INSTRUMEN
KARAKTERISTIK KEPRIBADIAN

Nama :
____________ L/P No. Hp : _______________

Cita-cita :_______________
Kelas : ____________

Hobby :
_______________ Rencana karir : _______________

Petunjuk

Berikut merupakan
instrument untuk mengungkap karakteristik kepribadian menurut Holland

Isilah dengan
mencontreng (√) salah satu skala 1 sampai 5, yang paling
menggambarkan diri anda.

No PERNYATAAN 1 2 3 4 5
1 Saya terampil dalam kemampuan mekanikal dan
atletik tetapi kurang terampil dalam berhubungan dengan orang
lain.
R
2 Saya menikmati belajar dan merasa lebih percaya
diri untuk memecahkan masalah matematika ataupun sains
I
3 Saya menyenangi berperan serta dalam kegiatan
seni
A
4 Saya senang bertemu dan berbicara dengan banyak
orang
S
5 Saya menyukai komunikasi dengan orang lain untuk
menjual, membujuk atau memimpin
E
6 Saya menyenangi kegiatan organisasi C
7 Saya menyenangi kegiatan yang berkenaan dengan
teknis dan mekanik.
R
8 Saya menyenangi kegiatan yang memerlukan jalan
keluar yang kreatif
I
9 Saya lebih senang bergabung dengan kelompok dan
mendiskusikan seni
A
10 Saya tertarik pada kegiatan membantu orang lain
seperti mengajar, membantu dalam masalah personal
S
11 Saya meyenangi kegiatan mempengaruhi dan memimpin
orang lain
E
12 Saya menyukai aktivitas-aktivitas yang pasti,
terikat dan sistematik
C
13 Saya lebih senang melakukan kegiatan yang
menguras tenaga daripada kegiatan yang menuntut saya duduk dan
menguras pikiran saya
R
14 Saya senang bertanya kepada orang lain untuk
mengetahui sesuatu
I
15 Saya senang mengekspresikan diri dalam cara yang
bebas dan tidak tersistematis, seperti membuat musik, seni, atau
menulis
A
16 Saya tertarik dengan kegiatan sosial S
17 Saya tertarik untuk membuka usaha sendiri E
18 Saya menyenangi kegiatan perkantoran C
19 Saya lebih menyenangi otomotif dibandingkan
dengan seni
R
20 Saya menyenangi kegiatan pencarian kebenaran I
21 Saya senang membicarakan soal seni dengan teman A
22 Saya senang berdiskusi dengan orang lain mengenai
banyak hal
S
23 Saya memerlukan popularitas untuk dapat
mempengaruhi orang lain
E
24 Saya dapat bekerja sama dan mengikuti perintah
orang lain
C
25 Saya senang bekerja dengan menggunakan alat-alat
(missal: gergaji, obeng, mesin jahit dll)
R
26 Saya selalu penasaran terhadap segala sesuatu
yang tidak saya ketahui
I
27 Saya senang berdiskusi tentang ekspresi dan
mengembangkan produk artistik
A
28 Saya senang bertemu dan berkenalan dengan orang
baru
S
29 Saya menyukai bekerja dengan orang lain, tapi
lebih memilih membujuk dan mengatur dibanding untuk menolong
E
30 Saya senang bekerja di depan computer dibanding
bekerja di luar
C

Semuanya
pertanyaan positif, jadi tinggal ditambah-tambahin aja item-item yang
sama aspeknya terus tipe kepribadian yang jumlahnya paling gede, itu
berarti kepribadian kamu, kalo dipetain mah jadi gini:

Tipe kepribadian No. item
Realistic 1 7 13 19 25
Investigative 2 8 14 20 26
Artistic 3 9 15 21 27
Social 4 10 16 22 28
Enterprising 5 11 17 23 29
Conventional 6 12 18 24 30

Nah
ini penejelasannya

Perkembangan
tipe-tipe kepribadian adalah hasil dari interaksi–interaksi
faktor-faktor bawaan dan lingkungan dan interaksi-interaksi ini
membawa kepada preferensi-preferensi untuk jenis-jenis
aktivitas-aktivitas khusus, yang pada gilirannya mengarahkan individu
kepada tipe-tipe perilaku-perilaku tertentu yang rangkumannya adalah
sebagai berikut (Manrihu, 1992: 71-73):

  1. Tipe
    Realistik
    yang preferensinya pada aktivitas-aktivitas yang
    memerlukan manipulasi eksplisit, teratur, atau sistematik terhadap
    obyek-obyek, alat-alat, mesin-mesin, dan binatang-binatang. Tidak
    menyukai aktivitas-aktivitas pemberian bantuan atau pendidikan.
    Preferensi-preferensi membawa kepada pengembangan
    kompe¬tensi-kompetensi dalam bekerja dengan benda-benda,
    binatang¬-binatang, alat-alat dan perlengkapan teknik, dan
    mengabaikan kompetensi-kompetensi sosial dan pendidikan. Menganggap
    diri baik dalam kemampuan mekanikal dan atletik dan tidak cakap
    dalam keterampilan-keterampilan sosial hubungan-hubungan insani.
    Menilai tinggi benda-benda nyata, seperti : uang dan kekuasa¬an.
    Ciri-ciri khususnya adalah praktikalitas, stabilitas, konformitas.
    Mungkin lebih menyukai keterampilan-keterampilan dan
    okupasi¬-okupasi teknik.
  2. Tipe
    Investigatif
    memiliki preferensi untuk aktivitas-aktivitas yang
    memerlukan penyelidikan observasional, simbolik, sistema¬tik, dan
    kreatif terhadap fenomena fisik, biologis, dan kultural agar dapat
    memahami dan mengontrol fenomena tersebut, dan tidak menyukai
    aktivitas-aktivitas persuasif, sosial, dan repetitif. Contoh-contoh
    dari okupasi-okupasi yang memenuhi kebutuhan-¬kebutuhan tipe-tipe
    investigatif adalah ahli kimia dan ahli fisika.
  3. Tipe
    Artistik
    lebih menyukai aktivitas-aktivitas yang ambi¬guous,
    bebas, dan tidak tersistematisasi untuk menciptakan produk¬-produk
    artistik, seperti lukisan, drama, karangan. Tidak menyukai
    aktivitas-aktivitas yang sistematik, teratur, dan rutin.
    Kompetensi-¬kompetensi dalam upaya-upaya artistik dikembangkan dan
    keterampilan-keterampilan yang rutin, sistematik, klerikal
    diabaikan. Memandang diri sebagai ekspresif, murni, independen, dan
    memiliki kemampuan-kemampuan artistik. Beberapa ciri khu¬susnya
    adalah emosional, imaginatif, impulsif, dan murni. Okupasi¬-okupasi
    artistik biasanya adalah lukisan, karangan, akting, dan seni pahat.
  4. Tipe Sosial lebih menyukai aktivitas-aktivitas yang
    melibat¬kan orang-orang lain dengan penekanan pada membantu,
    mengajar, atau menyediakan bantuan. Tidak menyukai
    aktivitas-aktivitas rutin dan sistematik yang melibatkan obyek-obyek
    dan materi-¬materi. Kompetensi-kompetensi sosial cenderung
    dikembangkan, dan hal-hal yang bersifat manual & teknik
    diabaikan. Mengang¬gap diri kompeten dalam mcmbantu dan mengajar
    orang lain serta menilai tinggi aktivitas-attivitas
    hubungan-hubungan sosial. Beberapa ciri khususnya adalah kerja sama,
    bersahabat, persuasif, dan bijaksana. Okupasi-okupasi sosial
    mencakup pekerjaan¬-pekerjaan seperti mengajar, konseling, dan
    pekerjaan kesejahte¬raan sosial.
  5. Tipe
    Enterprising
    lebih menyukai aktivitas-¬aktivitas yang
    melibatkan manipulasi terhadap orang-orang lain untuk perolehan
    ekonomik atau tujuan-tujuan organisasi. Tidak menyukai
    aktivitas-aktivitas yang sistematik, abstrak, dan ilmiah.
    Kompetensi-kompetensi kepemimpinan, persuasif dan yang bersifat
    supervisi dikembangkan, dan yang ilmiah diabaikan. Me¬mandang diri
    sebagai agresif, populer, percaya diri, dan memiliki kemampuan
    memimpin. Keberhasilan politik dan ekonomik dinilai tinggi.
    Ciri-ciri khasnya adalah ambisi, dominasi, optimisme, dan
    sosiabilitas.
  6. Tipe
    Konvensional
    lebih menyukai aktivitas-aktivitas yang memerlukan
    manipulasi data yang eksplisit, teratur, dan sistema¬tik guna
    memberikan kontribusi kepada tujuan-tujuan organisasi. Tidak
    menyukai aktivitas-aktivitas yang tidak pasti, bebas dan tidak
    sistematik. Kompetensi-kompetensi dikembangkan dalam bidang-bidang
    klerikal, komputasional, dan sistem usaha. Akti¬vitas-aktivitas
    artistik dan semacamnya diabaikan. Memandang diri sebagai teratur,
    mudah menyesuaikan diri, dan memiliki keterampilan-keterampilan
    klerikal dan numerikal. Beberapa ciri khasnya adalah efisiensi,
    keteraturan, praktikalitas, dan kontrol diri. Okupasi-okupasi yang
    sesuai adalah bankir, penaksir harga, ahli pajak, dan pemegang buku.

Sok
ah semoga bermanfaat.

[2] Osipow
Samuel H . (1983).
Theories
of Career Development

. New Jersey . Prentice Hall, Inc. Englewood Cliffs

Tentang fajarjuliansyah, CHt.

mahasiswa bimbingan dan konseling UPI yang punya minat khusus dalam psikoterapi kognitif.
Pos ini dipublikasikan di About Pshycology and Conseling. Tandai permalink.

3 Balasan ke Pemetaan tipe kepribadiaan usulan Holland, Saking isengnya

  1. silmya berkata:

    Yah..yg dalem tablenya ga kebaca kang…

  2. fajarjuliansyah berkata:

    Oh ga kebaca ya? Hehe

  3. Kie Dingding berkata:

    Kang, kalau indikator dari tipe kepribadian itu yang seperti apa ya ??

    haturnuhun pisan

Tinggalkan Balasan

