Dapet file dari komputer tentang membaca


Satu sama lain manusia sangatlah berbeda dan unik. Banyak hal yang bisa membuat kita berbeda. Salah satunya adalah dengan suatu kegiatan yang disebut dengan membaca. Kegiatan membaca membedakan manusia degan makhluk lainnya dan juga antara manusia itu sendiri. Salah satunya dapat dilihat darihasil membaca, Pernah denger orang bilang kaya gini “Saya dan dia itu sebenernya perbedaannya cuma satu, dia mah sering baca jadi pinter, saya mah jarang baca jadi jarang pinter”?. Lain lagi dengan sumber bacaan, dari sumber bacaan kita dapat melihat perbedaan manusia, misalkan kalau orang yang membaca psikologi dan manner, tentunya orang tersebut akan memiliki kepribadian yang rapi, berbeda dengan orang yang menyukai ketidakteraturan yang indah melalui prosa, sajak atau puisi, mungkin mereka tidak akan terlalu mempertimbangkan penampilan, tetapi lebih menonjolkan kebebesan berekspresi. Tentulah kedua hal itu membuktikan kalau membaca bisa membentuk pribadi seseorang. Tapi maaf, yang akan saya tulis di sini bukan kepribadian lewat bacaan, tapi hanya ingin mengulas membaca aja. Hehehehe.😉.
Oke, kita tadi udah nyampe ke kesimpulan kalau membaca bisa bikin kepribadian. Nah orang yang baik itu kan yang bisa menempatkan diri sesuai dengan situasi, jadi paling ga, kita perlu banyak baca berbagai jenis bacaanuntuk bisa menempatkan diri sesuai dengan situasi dan kondisi yang sedang dialami kita. Tapi sayangnya, kendala kita pasti sulit untuk membaca dengan beribu alasan. Bisa jadi kita malas, susah konsentrasi, susah nemuin inti bacaan, dan lain sabagjana. Ternyata setelah saya cari-cari bahan di komputer saya, saya dapet nih tugas mata kuliah semester 4 yang mengkaji keterampilan teknis dalam membaca. Tapi sebelumnya saya ingin paparin dulu keterampilan dasar yang perlu kita miliki sebelum membaca. Keterampilannya itu:


1.Konsentrasi
Kebanyakan kita menganggap bahwa konsentrasi adalah pekerjaan berat dan sangat sulit dilakukan. Salah satu teknik untuk mengembangkan daya
konsentrasi adalah teknik kontemplasi. Kontemplasi adalah suatu teknik
menggunakan pikiran kita seperti sebuah lampu senter (searchlight) untuk mencari dan menemukan informasi baru. Untuk melatihnya, anda perlu lakukan setiap hari (sedikitnya 5 menit sampai maksimum 10 menit per latihan). Caranya dimulai dengan fokus terhadap apa yang ingin kita ketahui.
2.Membuat peta pikiran (mind mapping). Tekhnik ini merupakan cara untuk meringkas suatu tema atau pokok pikiran yang ada dalam buku. Berikut adalah langkah atau prinsip dalam membuat peta pikiran dalam buku
Accelerated Learning for the 21st Century karangan Colin Rose dan Malcolm J. Nicholl:
a.Mulai dengan topik di tengah-tengah halaman.
b.Gunakan kata-kata kunci.
c.Buatlah cabang-cabangnya.
d.Gunakan simbol, warna, kata, gambaran citra (images) yang lainnya.
e.Gunakan seperti poster dengan dasar putih bersih.
f.Buat tulisan atau gambarnya warna-warni.
g.Gunakan alat tulis berwarna terang.
3.Relaksasi.
Cara ini dikembangkan oleh Sandy MacGregor dalam bukunya Piece of Mind. Pada prinsipnya dikatakan bahwa otak atau pikiran kita lebih mudah menyerap dan mengingat informasi pada saat kondisi pikiran kita relaks yang ditunjukkan dengan frekuensi gelombang otak yang rendah.

Bismillah….
Membaca adalah suatu cara untuk mendapatkan informasi dari sesuatu yang ditulis. Membaca melibatkan pengenalan simbol yang menyusun sebuah bahasa. Membaca dan mendengar adalah 2 cara paling umum untuk mendapatkan informasi. Informasi yang didapat dari membaca merupakan salah satu cara paling efektif untuk belajar. Banyak sekali metode untuk meningkatkan kecepatan membaca (speed reading) maupun pemahaman (comprehension) terhadap isi dari suatu buku. Keterampilan inilah yang amat kita perlukan untuk meningkatkan daya serap dan kecepatan kita dalam membaca sebuah buku.
Stop sebelumnya saya jelasin dulu, metode membaca tadi sebenernya tergantung sama tujuan kita, kalo tujuan kita membaca itu untuk sekedar tau, seperti baca novel, kita bisa pake speed reading, terus kalo untuk pemahaman kita harus pake metode baca comprehension, nah oke, kita terusin lagi, berikut ini lanjutan metode-metode dari speed reading sama comprehension.
1.Membaca sekilas (scanning). Gunakan teknik ini untuk mencari informasi tertentu dari suatu buku/makalah, seperti sebuah definisi atau judul bab tertentu. Misalkan anda sedang membuat tinjauan tentang sebuah novel dan mendadak lupa nama salah seorang tokoh yang tertembak mati. Anda tidak perlu membaca keseluruhan novel untuk mengetahui hal tersebut, cukup membaca sekilas pada bagian yang memuat kejadian penembakan tersebut.
2.Skimming. Teknik ini mirip dengan scanning, hanya saja tujuannya untuk mendapatkan gambaran ringkas akan isi suatu buku/makalah. Jika anda mendapat tugas membaca lima judul buku dan harus membuat tinjauannya dalam waktu kurang dari tiga hari, anda mungkin tidak bisa menyelesaikannya kalau membaca buku tersebut satu per satu. Cukup membaca secara skimming dan kembangkan tinjauan anda berdasarkan gambaran umum yang anda peroleh.
3.Membaca untuk memahami. Teknik ini banyak digunakan untuk membaca materi pelajaran yang baru. Membaca dilakukan dengan lebih perlahan, mendalam dan kadang diulang-ulang, sehingga menetap dalam ingatan. Sedangkan untuk mengulang dapat dilalukan dengan teknik skimming.
4.Mengeja. Teknik ini digunakan jika menyangkut istilah-istilah asing atau teknis, misalnya fenilpropanolamina HCL. Tujuannya agar pengejaan nama tidak salah dan nama tersebut benar-benar menancap di dalam ingatan.
5.Mencatat. Jika sudah menyangkut materi bacaan yang banyak, catatan-catatan kecil berupa kata kunci akan sangat membantu untuk mengingat keseluruhan bacaan.
Sebenarnya ada beberapa mitos (salah konsepsi) yang seharusnya tidak lagi kita percaya dan harus kita buang jauh-jauh tentang baca membaca ini. Mitos tersebut antara lain:
1.Membaca = konsentrasi terhadap pemahaman setiap kata dan mengingatnya. SALAH BESAR. Kita tidak harus berfokus pada setiap kata demi kata…
2.Cara terbaik membaca adalah pelan dan hati-hati. JUGA SALAH BESAR. Kita bisa membaca dengan cepat.
3.Membaca ulang apa yang baru saja dibaca akan meningkatkan pemahaman. SALAH. Tidak selalu demikian adanya, tergantung tujuannya untuk apa.
4.Pemahaman menurun seiring meningkatnya kecepatan dalam membaca. Juga SALAH. Tidak selalu demikian adanya.
5.Pertanyaan berikutnya, bagaimanakah cara membaca yang baik itu? apakah harus cepat atau lambat? Jawabnya, bisa cepat bisa lambat, tapi yang penting adalah efektif sesuai dengan tujuan dan kebutuhan. Mungkin kita membaca dengan fokus secara mendetil untuk satu topik khusus tertentu. Mungkin juga kita hanya membaca sekilas dan melihat ide utama atau kata-kata kuncinya saja. Semuanya tergantung dari tujuan kita membaca untuk apa.
Teknik Membaca yang efektif
Salah satu teknik membaca yang perlu diketahui adalah teknik membaca cepat. Dengan teknik ini kita diajarkan untuk membaca indek, daftar isi, judul dan sub judul dan membaca isinya secara cepat dengan hanya menggunakan mata dan jangan menggunakan bibir, dan membaca pertanyaan-pertanyaannya. Dalam waktu yang singkat, kita diharapkan telah mengetahui secara umum apa yang dibahas dalam buku tersebut. Apa yang diajarkan teknik itu adalah agar kita segera mengetahui isi keseluruhan buku secara umum sehingga bila memerlukan untuk membacanya di lain waktu, kita telah mengetahui di buku mana dan bagian mana kita bisa membacanya kembali. Jadi jangan salah menilai bahwa setelah membaca cepat selesailah tugas kita membaca buku yang dimaksud.
Hal-hal yang perlu untuk membaca dengan efektif yaitu Setelah melakukan proses scanning, kita dapat membuat peta pikiran (mind charting) buku tersebut. Tidak usah terlalu detail, tetapi cukup informatif untuk menjelaskan isi buku dalam satu halaman kertas. Kalau perlu kita lakukan rekonstruksi terhadap daftar isi digabung dengan informasi lain dari biografi, kata pengantar, pendahuluan, dan sinopsis di sampul buku tersebut. Siapkan stabilo atau alat tulis untuk menandai informasi atau apa saja yang ingin kita ingat. Pahami jalan pikiran penulis. Semakin cepat kita mengetahui topik, tujuan, pokok masalah materi yang kita baca, semakin baik pemahaman dan ingatan kita akan hal itu. Hindari baca kata perkata dan kalimat perkalimat. Coba tangkap sekelompok kata dengan mata Anda setiap kali menggerakkannya. Apalagi untuk buku berbahasa asing, kita tidak perlu menterjemahkannnya kata demi kata, karena akan menghambat proses penyerapan informasi dalam otak Anda. Bandingkan Anda membaca dengan bersuara dan membaca dalam hati. Kecepatannya akan berbeda jauh. Biasanya saya berkonsentrasi pada kalimat pertama dan kalimat terakhir dari sebuah paragraf, atau mata saya melihat seluruh badan paragraf dan menangkap pesan intinya. Buatlah ringkasan sambil membaca. Jika tak ada ringkasan bab, buatlah sendiri setiap selesai membaca satu bab. Bandingkan dengan tulisan lain bertopik sama yang pernah Anda baca. Ingat teknik kontemplasi. Cobalah mengembangkan pertanyaan-pertanyaan dan kaitan satu sama lain seperti Anda mencari sesuatu dengan senter. Untuk mempermudah kita menggunakan buku tersebut sebagai referensi, kita bisa mencatat isi buku tersebut dalam sebuah buku catatan atau kertas khusus yang dapat kita simpan dan kita lihat kembali setiap saat.
Ada beberapa teknik membaca efektif, diantaranya adalah metode mapping, tabel KWL, dan SQ3R.
Metode Mapping atau Mind Mapping.
Metode ini efektif untuk memperoleh gambaran umum (figuring out) tentang suatu tipik besar. katakanlah satu buku misalnya. Caranya adalah dengan menuliskan ide utama dalam satu lingkaran, kemudian sub ide utama lainya dalam lingkaran berikutnya dan seterusnya.
Metode KWL
Metode ini terdiri dari langkah-langkah sebagai berikut:
a.K – awali dari apa yang kita tahu (KNOW)
b.W – lanjutkan dengan apa (WHAT) yang ingin kita tahu; dan
c.L – diakhiri dengan menuliskan atau mempertajam kembali apa yang telah kita tahu (What we have LEARNED).
Metode SQ3R
Metode ini terdiri dari langkah-langkah sebagai berikut:
1. Survey
Dengan melakukan peninjauan dapat dikumpulkan informasi yang diperlukan untuk memfokuskan perhatian saat membaca. Peninjauan untuk satu bab memerlukan waktu 5-10 menit. Apa yang ditinjau?
Baca Judul
Hal ini dapat membantu untuk memfokuskan pada topik bab
Baca Pendahuluan
Memberikan orientasi dari pengarang mengenai hal-hal penting dalam bab
Baca kepala judul/subbab
Memberikan gambaran mengenai kerangka pemikiran
Perhatikan grafik, diagram
Adanya grafik, diagram dan gambar ditujukan untuk memberikan informasi penting sebagai tambahan atas teks
Perhatikan alat Bantu baca
Termasuk huruf miring, definisi, pertanyaan di akhir bab yang ditujukan untuk membantu pemahaman dan mengingat.

2. Question
Setelah kerangka pemikiran suatu bab diperoleh, mulai perhatikan kepala judul/subbab yang biasanya dicetak tebal. Perhatikan kepala judul ini satu per satu dan ubah kepala judul ini jadi beberapa pertanyaan.
3. Read
Dengan membaca, kita mulai mengisi informasi ke dalam kerangka pemikiran bab yang kita buat pada proses Survey. Bacalah suatu subbab dengan tuntas jangan pindah ke subbab lain sebelum kita menyelesaikannya. Pada saat membaca, kita mulai mencari jawaban pertanyaan yang kita buat pada Question. Tuliskan jawaban yang kita peroleh dengan dengan kata-kata sendiri di kertas yang pada 2/3 kolom yang disiapkan.
4. Recite
Pada umumnya kita cepat sekali lupa dengan bahan yang telah dibaca. Dengan  melakukan proses Recite ini kita bisa melatih pikiran untuk berkonsentrasi dan mengingat bahan yang dibaca. Proses ini dilakukan setelah kita menyelesaikan suatu subbab. Cara melakukan Recite adalah dengan melihat pertanyaan-pertanyaan yang kita buat sebelum membaca subbab tersebut dan cobalah jawab pada selembar kertas tanpa melihat buku.
5. Review
Review membantu kita untuk meyempurnakan kerangka pemikiran dalam suatu bab dan membangun daya ingat kita untuk bahan pada bab tersebut. Proses ini dapat dilakukan dengan membaca ulang seluruh subbab, melengkapi catatan atau berdiskusi dengan teman. Cara Review yang terbukti efektif adalah dengan menjelaskan kepada orang lain.
Tujuh Kiat Membaca Buku dengan Efektif
1.Ketika anda mulai membaca buku baru, bacalah terlebih dahulu isi luar buku tersebut, resensi buku dibelakang, biografi penulis, kata pengantar, daftar isi dan lain-lain.
2.Ketika membaca ubah kebiasaan anda menggerakkan bibir, menunjuk tulisan, dan vokalisasi bacaan karena akan memperlambat anda dalam membaca dan itu membuang waktu anda untuk membaca kembali halaman selanjutnya atau bahkan buku yang lainnya.
3.Cobalah berlatih membaca cepat sehingga kecepatan anda membaca terus meningkat, cobalah membaca buku belajar membaca cepat yang ditujukan agar anda dapat berlatih membaca dengan efektif dan efisien.
4.Baca setiap tulisan tiap paragraf dengan teratur jangan melompat ke paragraf selanjutnya sebelum anda menyelesaikan paragraf tersebut. Setelah selesai membaca beberapa halaman dari buku tersebut tanyakan kepada diri anda beberapa pertanyaan dari bacaan tersebut, jika anda belum dapat memahaminya baca sekali lagi.
5.Temukan ide pokok pada buku yang anda baca, membacalah lebih kritis, jika perlu siapkan catatan kecil untuk bagian bacaan yang perlu di ingat.
6.Cobalah konsentrasi dalam membaca bacaan yang cukup berat, gunakan tips cara belajar yang sudah diberikan untuk menambah konsentrasi.
7.Gunakan setiap waktu luang anda untuk membaca, usahakan anda membawa buku bacaan yang seukuran dengan saku anda atau surat kabar.
.
Oke? Well done, Farewell!!

Tentang fajarjuliansyah, CHt.

mahasiswa bimbingan dan konseling UPI yang punya minat khusus dalam psikoterapi kognitif.
Pos ini dipublikasikan di About Pshycology and Conseling. Tandai permalink.

2 Balasan ke Dapet file dari komputer tentang membaca

  1. Den Hanafi berkata:

    nais info gan. saran : sebaiknya untuk artikel2 panjang seperti ini, ada baiknya pake readmore jar! jadi teks2 itu tidak diperlihatkan keseluruhan pada homepage. dan user akan mengklik “read more” bila mereka masih penasaran dengan artikel kita.

  2. odE Helal berkata:

    keren nich jar.. setidaknya dapat membantu lancar membaca..
    saya sangat sulit sekali untuk memahami konten bacaan
    punya solusi???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s